Kamis, 17 September 2015

pasuruan kota santri

hallo,,, sekarang aku akan menjelaskan tentang kota asalku, aku berasal dari pasuruan, tau pasuruan kan ? terkenal dengan kota santri, bukan hanya itu, pasuruan juga memiliki makanan khas, diantaranya adalah :
1. Kupang Kraton

Kupang kraton adalah masakan dari bahan yang berasal sejenis bintang laut yang termasuk dalam spesies tiram. Perlu diketahui bahwa selain di Pasuruan, kupang juga banyak diolah di berbagai daerah. Tetapi penggunaan bumbu utama yaitu petis udang yang memiliki khas dari kota Pasuruan dalam membuat kupang kraton ini tentunya akan menciptakan keunikan rasa lain.

Jika dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Sensasi rasa pedas akan timbul dari cabe rawit pilihan terbaik. Dan juga rasa manisnya kupang akan berpadu dengan kecutnya perasan jeruk nipis. Jangankan melihatnya, sepertinya hanya memikirkannya saja sudah cukup untuk membuat iler pengunjung keluar sebelum menyantapnya.

3. Rawon Nguling

Rawon telah menjadi makanan yang terkenal di berbagai daerah Jawa Timur. Namun tentunya setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda dan menjadi ciri khas tersendiri bagi masing-masing daerahnya. Misalnya di Pasuruan, yang paling terkenal adalah rawon nguling.
Rawon Nguling menjadi makanan yang sangat melegenda, ini tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi tentang kelezatannya. Dimulai sejak tahun 1940 rawon nguling hingga sampai detik ini telah memiliki banyak penggemar di berbagai daerah, khususnya di seluruh wilayah Jawa Timur.
selain makanan yang khas pasuruan juga memiliki kebudayaan dan seni, kentalnya nuansa islam di kota pasuruan sedikit banyak mempengaruhi seni dan kebudayaannya. beberapa contoh tari tradisional di pasuruan yaitu :
1. TERBANG BANDUNG


Merupakan ajang pergelaran kesenian yang dikompetisikan atau dapat diartikan kompetisi terbang dengan dilengkapi sepasang kedencong (kendang kembar) dan dilengkapi dengan sebuah jidor.
Tari Terbang Bandung adalah drama tradisional khas rakyat Pasuruan yang merupakan pperkembangan dari seni Hadrah, tari ini dimainkan oleh dua atau lebih grup "terbang" yang dipentaskan secara bersamasama, istilah "bandung" berarti "Banding"
Drama Tari Terbang Bandung merupakan perbandingan perminan instrumen, kecakapan menari dan kemegahan tata busana antara dua grup terbang yang sedang bertanding.
2. PANCAK SILAT KUNTU MANCILAN


tari ini sudah berkembang sejak jaman penjajahan belanda, keunggulan seni tari ini dibandingkan dengan seni tari lain adalah pendekarnya tidak hanya mengandalkan kekuatan fisik tetapi berusaha mengisinya dengan berbagai ilmu kanuragan.
di pasuruan masyarakatnya sangan patuh terhadap agama islam dan ustad, namun tingkat toleransi agama lainnya juga sangat tinggi, pasuruan juga memiliki banyak nelayan yang bisa memasok beberapa ikan di pasar tradisional di pasuruan. 
oke, jadi seperti inilah kota asalku, saat berkunjung ke pasuruan jangan pernah lupa mencoba makanan yang sudah saya referensikan yaa. sampai sini dulu blogku tentang kota asalku.
wassalam,

sumber : 


x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar